Tuesday, January 15, 2008

Dari Mana?

Menurut Anda, pertanyaan macam apa yang sulit dijawab? 'Kapan Menikah?' (bagi yang belum) atau 'kapan punya anak?' (bagi yang sudah menikah), 'Kapan mantu?' (bagi yang anaknya sudah besar). Ketiga pertanyaan itukah atau ada pertanyaan lainnya? Sebenarnya ketiganya bisa dijawab dengan mudah asal ada jawabannya dan memang tidak ingin merahasiakan sesuatu. Tapi jika pun ada jawaban atas pertanyaan tersebut, kalau memang belum berniat mempublikasikannya, maka menjadi sulit juga. Ataukah pertanyaan2 yang Anda temui dalam wawancara kerja, dalam sidang skripsi maupun thesis, merupakan pertanyaan2 sulit?

Tapi, dari semua pertanyaan sulit yang sering kita temui, menurut saya ada satu pertanyaan sederhana yang kadang menjawabnya perlu berpikir juga. Setidaknya bagi saya, mungkin karena memang otak saya yang lambat prosesnya atau memang sebenarnya jawaban dari pertanyaan sederhana tersebut tidaklah begitu sederhana. Bagi saya, pertanyaan yang terkadang membuat bingung (dan karenanya saya anggap tidak mudah) adalah pertanyaan 'dari mana?' Untuk menjawabnya Anda harus benar2 peka terhadap konteks kapan dan dimana pertanyaan tersebut ditanyakan. Tapi konteks bisa saja tumpang tindih. Jadi misalnya Anda di terminal Kampung Rambutan, baru saja sampai dari Bandung, dari mengunjungi teman, dan Anda asli Surabaya, kemudian orang di sebelah Anda di angkot bertanya 'dari mana Mbak/Mas?', Anda mau menjawab bagaimana? Anda bisa bilang, Bandung, Surabaya atau bahkan mengunjungi teman. Tapi ketika Anda menyebutkan salah satunya, terkadang ada perasaan (dan pertanyaan baru timbul dari diri kita), maksud orang tadi, 'dari mana asal saya', atau 'saya pergi dari mana?'

Permasalahan 'dari mana' seringnya adalah pertanyaan ini sering tidak dijelaskan. Maksudnya, apakah si penanya bermaksud bertanya asal, barusan datang dari mana, dari unit mana? Jika Anda di kantor, dengan banyak bagian, kemudian anda barusan pulang kampung, dan Anda berada di unit yang bukan tempat Anda bekerja, ketika Anda ditanya 'dari mana?' Anda mau menjawab apa, dari unit A, dari kota B? Jawabannya tidak pernah salah tapi kadang tidak tepat. Ketika Anda menjawab 'dari unit A', maka mungkin akan muncul pernyataan yang memperjelas 'dari mana' tadi, mungkin si penanya akan mengatakan, 'maksudnya, asal Anda dari mana?' Nah lo, susah juga kan?

Sebenernya tidak sulit sih, cuman sebenernya kita perlu peka terhadap situasi. Tapi jikapun Anda ditanya 'dari mana' Anda bisa menjawab apa saja, sesuai dengan situasi Anda, jika pun dianggap tidak nyambung oleh si penanya jelaskan saja jika memang menurut interpretasi Anda si penanya mengharapkan jawaban itu. Kalau tidak, dikoreksi saja, gampang to...(sepertinya sih demikian)

No comments: